Selasa, 28 Januari 2020

Ingin Membeli Mobil di Balai Lelang Mobil? Simak Tips Berikut Agar Tak Salah Pilih!





Membeli mobil bekas di balai lelang mobil merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan mobil bekas berkualitas dengan harga miring. Di balai lelang mobil, tersedia pilihan ratusan unit mobil dari berbagai merek dan tipe dari segala kondisi. Namun sebelum memutuskan mobil incaran, ada baiknya Anda mengetahui tips berikut agar tak tertipu dan tak salah pilih mobil.

Membuat List Mobil Incaran

Di balai lelang mobil, terdapat pilihan mobil lebih dari ratusan unit, tentunya terdiri dari berbagai merek dan tipe mobil. Untuk itu ada baiknya Anda membuat list mobil-mobil incaran Anda, agar nantinya saat acara open house yang dilaksanakan beberapa hari sebelum acara lelang mobil, Anda tak perlu pusing melihat satu persatu mobil yang ditawarkan disana. Sehingga Anda dapat langsung melihat kondisi mobil-mobil yang sudah ada dalam list dan dapat mengeliminasi mobil-mobil yang kondisinya dirasa kurang bagus.

Periksa Kondisi Mobil

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan keseluruhan kondisi mobil, mulai dari bagian luar hingga bagian dalam mobil. Balai lelang mobil umumnya mengadakan open house beberapa hari sebelum acara lelang resmi akan dilaksanakan, dan pada saat open house itulah Anda tak boleh melewatkan kesempatan untuk mengetahui kondisi mobil lebih dalam. Umumnya pada saat open house Anda diperbolehkan mengecek kondisi mesin mobil hingga masuk ke dalam mobil, sehingga Anda dapat memeriksa bagaimana kondisi dalam mobil mulai dari aksesoris hingga interior mobil tersebut apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak. Pastikan semua fitur dapat berfungsi dengan baik, seperti AC, switch lampu, sistem audio, hingga bagian jok dan sabuk pengaman. 

Baca juga, manfaat dari menggunakan cover jok.

Selain itu, Anda dapat mengetahui kondisi mobil dari rapor mobil yang tertempel pada bodi mobil. Dari rapor mobil itulah Anda dapat mengetahui persis bagaimana kondisi mobil mulai dari mesin, interior serta exterior mobil. 

Periksa Kelengkapan Dokumen

Selain memeriksa kondisi mobil, menanyakan tentang kelengkapan dokumen mobil tersebut juga tak kalah penting. Anda perlu menanyakan kelengkapan dokumen seperti BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan, serta faktur mobil tersebut. Anda juga perlu untuk memeriksa nomor rangka serta nomor mesin mobil, dan pastikan fisik mobil telah sesuai dan sama dengan yang tercantum di surat-surat. Selain itu, pastikan bahwa mobil tersebut memiliki BPKB serta STNK atas nama pemiliknya asli.

Tanyakan Riwayat Mobil

Selain memeriksa mesin kendaraan beserta kelengkapan dokumennya, Anda juga perlu menanyakan riwayat mobil tersebut. Apakah mobil tersebut dulunya pernah terlibat kecelakaan ringan atau bahkan kecelakaan berat, atau mungkin dulunya mobil tersebut pernah terendam banjir, atau hal-hal lain yang dapat mempengaruhi kondisi mobil. Ada baiknya Anda mengetahui riwayat mobil tersebut agar nantinya Anda tak menyesal dan tak salah pilih.

Memeriksa Catatan Servis Mobil

Memeriksa catatan servis mobil juga merupakan hal yang tak boleh Anda lewatkan saat datang di acara open house. Pasalnya, jika Anda mengetahui persis service record mobil tersebut, Anda tentu dapat mengetahui apakah mobil tersebut benar-benar terawat atau tidak. Dengan melihat catatan servis Anda juga dapat mengetahui di bengkel mana mobil tersebut diservis, apa saja servis yang dijalani, dan lain-lain. Sehingga jika mobil tersebut benar-benar rutin diservis oleh pemilik sebelumnya, kondisi mobil juga tentu masih bagus dan terawat.

Demikianlah tips sebelum membeli mobil di balai lelang mobil yang dapat Anda terapkan agar nantinya tak salah pilih. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon